Melalui Training ESQ Membentuk Generasi Cerda Siswa SMK

0
77

 

PALEMBANG,   —   Untuk meningkatkan pembentukan generasi cerdas dan juga menyeimbangkan tingkat emosional dalam menggapai cita-citanya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel bersama Indonesia Training Center Nusantara (INTERNUSA) Sumsel mengadakan traning motivasi nasional kepada siswa SMK.

Kegiatan Training Motivasi Nasional, Personality Development Berbasis Emotional Spiritual Quotient (ESQ) yang bertemakan “Generasi Emas Era Milenial” diikuti sebanyak 272 siswa SMK se Sumsel.

Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel, Erlina mengatakan, jika siswa-siswi tentunya sering mengikuti berbagai pelatihan, namun dalam acara ini, lebih menekankan agar siswa-siswi meyakini niat dan memiliki kemauan keras untuk belajar.

“Melalui acara yang digagas oleh Internusa Sumsel, izinkan juga saya menyampaikan apresiasi, karena telah melangsungkan kegiatan hingga terlaksana. Adanya training ini para siswa harus ambil pengalaman bermanfaat,” katanya usai pembukaan training motivasi nasional, di gedung SMK Sumsel, Selasa (12/02).

Lanjut, training ESQ ini, peserta diarahkan untuk dapat mencapai nilai-nilai dasar emosional dan membantu membangkitkan kekuatan tersembunyi guna mengerahkan seluruh potensi diri seorang siswa untuk kehidupan dan pekerjaan yang lebih produktif, lebih aktif dan lebih berhasil.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang baik, kita harapkan nanti dikemudian hari dapat berdampak perubahan perilaku dirumah dan lingkungannya. Jika membawa perubahan berarti kegiatan ini berhasil. Dan kita akan kerjasama lagi serta memperluas jaringan  bukan hanya untuk SMK saja tentunya SMA dan juga ada guru,” terangnya lagi kepada sumatera deadline.

Sementara itu, Direktur Internusa Sumsel Andi Ahmad Zikrillah mengatakan, tujuan kegiatan traning kali ini adalah sebagai pengetahuan kepada siswa-siswi esensi apa yang mereka miliki.

“Kalau untuk tingkat SMK Sumsel ini kali pertamanya mengadakan traning, sebelumnya sudah sering kesekolah-sekolah sejak tahun 2009. Jadi training ini sebagai pemahaman tentang esensi siswa, yakni untuk apa mereka sekolah dan menuntut ilmu. Karena biasanya mereka belum memahami latar belakangnya, serta menemukan persoalan dalam esensi,” jelasnya.

Ia berharap, dengan training ini akan membawa dampak positif kepada seluruh peserta, serta menambah motivasi untuk lebih baik lagi.

“Harapan kami kepada para siswa agar mereka dapat memiliki sikap kedisiplinan juga perilaku-perilaku positif. Mempunyai motivasi yang sukses dan setinggi langit. Mudah-mudahan kita bisa melanjutkan traning road show lainnya,” tutupnya. (Elsa)

LEAVE A REPLY