Rusti Herlambang : PR Besar IWO Hadapi Era Digitalisasi

0
120

SaungNews.com DEPOK – Perkembangan teknologi yang sangat pesat dari tahun ke tahun,  tanpa disadari bahwa wartawan online telah mengalami tiga fase perubahan dan hadapi tantangan besar.

Hal ini diungkapkan Rusti Herlambang Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, yang berkantor di Malaysia saat menjadi pembicara pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online (IWO)  ke 1 yang di gelar di Kota Depok Jawa Barat pada 11-12 Maret 2019.

Dalam diskusi Rakernas IWO Rusti Herlambang memgatakan bahwa Media online atau Wartawan online sebenarnya telah melewati tiga fase dalam perkembangannya.

“Berdasarkan riset yang dilakukan lembaga kami, bahwa media online telah melalui beberapa fase, mulai dari fase era 2012-2015, fase era 2015-2017, dan fase 2017 – hingga saat ini” ungkap Rusti.

Rusti menambahkan pada era tahun 2012-2017 media online benar-benar dipercaya bisa merepresentasekan kondisi yang ada pada masyarakat, dan isu yang diperankan oleh media online saat itu.

Menurut riset saat itu terbukti akan sesuai dengan fakta yang akan terjadi. Rusti mencontohkan, diera itu diantara beberapa tokoh nasional yang diisukan oleh media atau wartawan online mengisi kontestasi Pilpres, muncul nama Jokowi yang sangat dominan, dan terbukti, Jokowi memenangkan Pilpres.

“Memasuki era 2015-2017, media online cenderung subjektif dan peran itu diambil alih oleh media sosial, dan sejak era ini media online sudah tidak mampu merepresentasekan kondisi di lapangan, sebab apa yang diisukan terkadang tidak mampu merubah kondisi ril yang ada di lapangan,”kata Rusti.

Selanjutnya menurut Rusti, pada tahun 2017 hingga saat ini, yaitu era industri 4.0. Era dimana terjadi pergolakan sangat dahsyat antara media online dan media sosial. “Disinilah timbul tantangan berat bagi Wartawan online, sebab ada kecenderugan orang lebih memilih media sosial, ketimbang media online, inilah PR besar IWO”tegas  Rusti.(Red).

LEAVE A REPLY