HUT OKU Ke-109, Gubernur Sumsel Sebut Sebagai Tonggak Sejahterakan Masyarakat

0
80

OKU, OS

Dalam hari jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu ke-109, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan usia 109 bukan usia yang muda tetapi juga tidak dapat dikatakan tua.

Deru berharap momen hari jadi tidak hanya sebatas serimonial. Namun harus lebih baik terutama dalam pelayanan pada masyarakat dan pembangunan disegala sektor.

“Dirgahayu OKU ke 109. Semoga perayaan ini mendapatkan tiga makna. Yakni intropeksi. Apa yang telah, sedang dan apa yang akan dilakukan. Evaluasi pemerintah dan juga oleh masyarakat,” ujarnya di Gedung Kesenian Baturaja Jl. Dr. Mohammad Hatta Baturaja Kab. OKU, Senin (29/7/2019).

Dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD OKU 2019, Gubernur mengungkapkan lebih jauh, angka kemiskinan di OKU telah menunjukan penurunan. Disamping itu dia juga mengingatkan agar kemajuan teknologi dewasa ini tidak mengurangi peran manusia.

“Hal ini selaras dengan tujuan pemerintah yakni mensejahteraakan masyarakat. Kabupaten OKU dengan Sumber Dana Alam (SDA) yang berlimpah. Mulai dari perkebunan, pertanian dan pertambangan harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat,” terangnya.bih lanjut Herman Deru memberikan apresiasi pada masyarakat OKU yang hingga saat ini tetap menjaga kearifan lokal baik seni budaya dan bahasa.

“Setiap ajang di tingkat nasional orang tidak pernah lupa dengan OKU. Daerah ini termasuk kabupaten yang tetap mempertahankan adat dan budaya bahkan dalam bahasa keseharian.

Deru menyampaikan, pribuminya meski merantau jauh kemana-mana tetapi dialek daerah masih  masih kental. Meski tradisional, tapi tidak juga ketertinggalan dalam modernisasi,” ungkapnya.

Untuk itu Gubernur berjanji akan memberikan bantuan untuk pendanaan pembangunan RSUD Ibnu Soetowo Baturaja sebesar Rp 25 Miliar yang akan dimasukan dalam APBD Sumsel Tahun 2020. Sebab lanjut dia masalah kesehatan juga mempengaruhi kesejahteraan.

“Tujuan akhir yang hendak kita capai adalah kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan naiknya kesejahteraan rakyat. Dan diikuti turunnya kemiskinan. Target kita kemiskinan Sumsel 1 digit,” tambahnya.

Lebih lanjut Herman Deru mengajak seluruh jajaran Pemkab OKU untuk lebih kreatif dengan sejumlah terobosan dan inovasi.

Sebelumnya sidang Paripurna Istimewa Ke-II DPRD OKU masa persidangan ke-2 Tahun 2019 dengan agenda Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu ke-109 Tahun 2019 dipimpin Wakil Ketua DPRD Dra Hj. Indrawati MH dan didampingi Ketua DPRD OKU Zaplin Ipani SE serta Wakil Ketua DPRD lainnya Ferlan Yuliansyah ID Murod.

Dalam pidato pengantarnya Dra Hj. Indrawati mengucapkan selamat datang dan terimakasih pada Gubernur, Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia dan Duta Literasi Sumsel Hj. Percha Leanpuri, para unsur Forkompinda Sumsel, para tokoh dan tamu undangan lainnya yang telah menyempatkan datang.

“Adapun tema HUT Kabupaten. OKU ke- 109 tahun ini adalah “Bersama Mewujudkan OKU Maju dan Sejahtera”. Tema ini kita ambil untuk mempercepat mempangunan Kabupaten OKU, menuju OKU Sehat, Maju dan Mandiri,” tegas Indrawati.

Sementara itu, Bupati OKU Kuryana Azis dalam sambutannya menegaskan, Hari Jadi OKU diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak dalam memajukan daerah.

Bupati mengajak Gubernur dan hadirin lainnya dalam menyimak potensi dalam kilas balik terbentuknya Kabupaten OKU, hingga penetapan diperingatinya setiap tanggal 29 Juli berdasarkan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 tahun 2012.

Dalam satu tahun terakhir, Kabupaten OKU telah banyak mendapatkan keberhasilan yang ditandai dengan diraihnya penghargaan baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

Kuryana juga merespon positif atas arahan dan masukan Gubernur Sumsel dalam memajukan OKU secara menyeluruh, termasuk dengan keinginan Pemerintah Provinsi untuk merekomendasikan kepada sejumlah investor untuk berinvestasi di Kabupaten OKU.

“Insya Allah kebersamaan ini akan membawa tekad kita dalam membawa OKU kearah yang lebih baik lagi,” pungkasnya.(Hendri/Adv)

LEAVE A REPLY