Sosialisasi KIA Disambut Antusias Masyarakat Ogan Komering Ulu.

0
25

Baturaja, OS

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ogan Komering Ulu H.Ajahari, S.Sos. M.Si membuka langsung Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dan Catatan Sipil dalam Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Pencakupan Akta Kelahiran dan Akta Kematian yang berlangsung selama 2 hari di Ruang Rapat Disdukcapil, Selasa-Rabu (20-21/8/2019).

Dalam sambutannya, Ajahari antara lain menyebutkan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Disdukcapil.

Dirinya berharap, melalui kegiatan itu, masyarakat akan paham dan mengetahui perlunya administrasi kependudukan. Sehingga nantinya, dalam mengurus sesuatu yang berkaitan dengan administrasi tidak akan kesulitan lagi.

“Penyuluhan, sosialisasi KIA melalui  tingkat TK, PAUD dan SD, sekiranya nanti dapat di beritahukan langsung ke pada orang tua murid dari sekolah yang lain,” ujarnya.

Ajahari juga menyampaikan pentingnya KIA sebagai identitas. Menurutnya, dengan menggunakan kartu ini dapat dipakai di perpustakaan bahkan dapat digunakan di bank untuk buka rekening

“Anak-anak bisa pakai KIA buat buka rekening sebagai ganti KTP,” jelasnya.

Penyuluhan dan sosialisai kartu ini sendiri, menurutnya dapat bermanfaat yang bisa dipergunakan dengan sebaik baiknya bagi anak anak bagi para guru undangan langsung bisa menyampaikan kegunaannya.”Mudah mudahan tahunberikutnya, sosialisasi juga dapat dilaksanakan di Kecamatan berbeda”.

Sebagai syarat pembuatan KIA, menurutnya mudah, dan difasilitasi Disdukcapil. Ajahari mengemukakan, syarat utuk membuat kartu cukup dengan keseluruhannya fotokopi Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, KTP Orangtua, Buku Nikah

“Sedangkan bagi anak berusia 12-13 dapat melampirkan fotocopy ijazah,” jelasnya. (Hendri)

LEAVE A REPLY