Garap Pariwisata Profesional Pemkab Lahat Gelar Pelatihan

0
49

LAHAT, OS

Pengelolaan pariwisata secara profesional dinilai penting bagi upaya meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Lahat yang terkenal dengan berbagai potensi pariwisatanya.

Assisten II Sri Muliati mengatakan pihaknya tengah membina sejumlah operator wisata diantaranya dengan mengadakan pelatihan pemandu wisata Arung Jeram Ekowisata dan Pemandu Budaya Sejarah.

“Kegiatan tersebut dimulai tanggal 19-20 November, sedangkan pelatihan Ekowisata tanggal 25-26 November, sedangkan pemandu Wisata Budaya berlangsung tanggal 27-28 November 2019,” ujarnya disela pembukaan pelatihan di Ballroom Hotel Bukit Serelo, Selasa (19/11/2019).

Dikatakan Sri Muliati mewakili Bupati Lahat Cik Ujang, kegiatan tersebut sebagai pengembangan sektor pariwisata sekaligus membekali pelaku wisata dengan berbagai ilmu agar dapat bekerja secara profesional.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, untuk para peserta lakukan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga potensi wisata yang ada di Kabupaten Lahat dapat di gali semaksimal mungkin tidak sia-sia,” terangnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat H.M.Safrani dalam laporanya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini diantaranya menghasilkan tenaga terampil dalam bidang pemanduan wisata yang memiliki kemampuan dan memiliki ketrampilan khusus dalam pemandu wisata,

“Selain itu diharapkan mampu menyusun program-program pemanduan wisata sederhana sesuai dinamika dan kekhasan alamnya,”

Dengan menghadirkan narasumber berasal dari Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Selatan serta staf khusus Bupati Lahat dari Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, Safrani optimis sejumlah operator pariwisata bekerja profesional berlisensi resmi,

“Seain mampu mengkomunikasikan program-program pemanduan secara menarik dengan tekhnik pemanduan yang tepat, dan meningkatkan arus kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Lahat, pemandu wisata yang profesional dan memiliki lisensi resmi,” tandasnya. (Nur)

LEAVE A REPLY