PTPN 7 Unit Betung Kembali Kucurkan Dana PKBL Tahap II Tahun 2019

0
186

MUSI BANYUASIN,OBOR SUMATERA-PT. Perkebunan Nusantara VII Unit Betung, kembali menyalurkan dana Pinjaman modal usaha  Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Tahap II kepada 48 orang Mitra Binaan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), di 14 Desa 2 Kelurahan dari 4 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin. Tahun 2019, yang berlangsung di Ruang Ratu, Kantor PTPN VII Unit Betung Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (30/11/2019)

Dalam kegiatan penyaluran dana PKBL ini di hadiri Manajer Unit Betung. diwakili Asisten Kepala Tanaman Muhammad Zein Shosàn, SP., Asiten Kepala AKU, Antonius Budiwuryanto, SE., Asiten SDM & Umum, Agus Lesmono, SH., Krani Kepala SDM & Umum Heri Kusdiyanto, Krani PKBL Bambang Irawan, M. Yusuf AR, Kepala Desa Teluk Kijing III, Yupanser Ahmad dan para Mitra Binaan.

Petugas PKBL PTPN VII Unit Betung mencairkan Dana kepada Mitra Binaan (eggy)

Manajer Mewakili PTPN VII Unit Betung, M. Zein Shosan, SP. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan PKBL ini merupakan suatu bentuk upaya sinergi perusahaan dengan stakeholder dan masyarakat. Kita berharap agar usaha yang dimiliki bapak dan ibu ini bisa bersaing, memiliki kemampuan untuk mengembangkan usaha dengan memberikan bantuan modal usaha.

Lanjut Zein, yang sudah setahun menjabat sebagai Asisten Kepala Tanaman ini mengharapkan
“kepada stakeholder bisa turut serta menjaga aset perusahan PTPN VII, selalu bersinergi dan apa yang telah diberikan perusahan ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) perusahan berupa pinjaman untuk modal usaha yang bersifat dana bergulir dan berkelanjutan. Kita juga sebagai Perusahan BUMN tidak lepas dari lingkungan masyarakat di sekitar wilayah perusahan,” tegasnya.

Adapun total bantuan dana yang disalurkan pada Program Kemitraan Tahap II sebesar Rp. 417.500.000,- yang disalurkan kepada 48 Mitra Binaan. Dana bergulir tersebut diberikan berbentuk pinjaman lunak kepada pelaku usaha baru kisaran bantuan sebesar Rp. 5 sampai 20 juta/orang. Adapun jenis usaha Mitra Binaan yang menerima pinjaman bergerak di Bidang Perdagangan, Usaha Perkebunan Karet, Kelapa Sawit, Peternakan Sapi dan Budidaya Ikan Lele.

Sebelumnya PTPN VII Unit Betung pada bulan Oktober 2019 lalu juga telah mengucurkan Program PKBL Tahap I Tahun 2019 dana sebesar Rp. 45O.000.000,- untuk Mitra Binaan Budidaya Karet di Talang Jaya Mulya Kecamatan Betung. Kabupaten Banyuasin. Sumber dana penyisihan laba bersih perusahan tahun sebelumnya.

Kepala Desa Teluk Kijing III, Yufanser Ahmad dalam sambutanya Mengucapkan terima kasih pada pihak Perusahan. Karena telah mengucurkan Dana Kemitraan PKBL dari PTPN VII Unit Betung. Dengan kegiatan ini pemerintah merasa terbantu bagi warganya pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di desanya dan desa lain. Jadi Pemerintah Desa sekarang tidak perlu lagi untuk mengumpulkan dana yang banyak. Sudah ada bantuan dana PKBL PTPN VII Unit Betung ini untuk peningkatan usaha masyarakat.

Yufanser juga berharap, kedepannya agar PTPN 7 unit Betung bisa meningkatkan dana PKBL tersebut yang memenuhi syarat- syarat sesuai ketentuan yang berlaku.
Selanjutnya ia menghimbau kepada warga yang telah mendapatkan kucuran dana dari PKBL agar dapat mempergunakan dana tersebut semaksimal mungkin dan jangan sampai salah arah, dana PKBL adalah salah satu dana untuk usaha. “kami selaku Pemerintah Desa memgharapkan kepada warga Desa Teluk Kijing III khususnya dan warga di desa daerah lain agar dana PKBL dari PTPN VII Unit Betung ini bisa digunakan untuk Usaha sebagai mana mestinya,” tegas Yufanzer.(Eggy/HR)

LEAVE A REPLY