Pendidikan Investasi Peningkatan SDM

0
129

Baturaja, oborsumatera.com

Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia, dan suatu investasi yang paling berharga dalam bentuk peningkatan kualitas sumber daya insani untuk pembangunan suatu bangsa.

Hal demikian diungkapkan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 138 Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Darmawati ketika ditemui Selasa (28/1) diruang kerjanya.

Menurutnya, meskipun tidak mudah mewujudkan pendidikan ideal, namun seperti berinvestasi, sekecil apapun langkah guru sebagai pengajar memberikan ilmu pengetahuan, suatu saat kelak pasti berguna bagi siswa, katanya.

“Dari semangat saling memiliki seperti itu, kami yakin guru akan memberikan terbaik sebagai investasi ilmu bagi murid kelak,” ujarnya.

Selain itu, menurut Darmawati, pendidikan dilakukan tidak hanya untuk memberikan anak ilmu pengetahuan tetapi juga untuk menanamkan dan mensosialisasikan nilai-nilai dan norma-norma yang ada dalam masyarakat agar ia bisa tumbuh dengan memahami nilai dan norma tersebut.

“Pembentukan karakter siswa SD harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak. Pembentukan karakter dapat dilakukan dengan menggunakan keteladanan,” terangnya.

Bagi dia, pendidikan karakter pada dasarnya adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membangun karakter dari anak didik. Dijelaskan dia, keseluruhan pokok pikiran untuk memajukan sekolah yang dipimpinnya tertuang dalam visi sekolah yakni, Beriman, Terampil, dan Berprestasi serta Berakhlak Mulia.

“Kami terus berupaya mewujudkan visi agar tercapai masyarakat berpendidikan dan berkhlakul karimah yang dapat membawa kemajuan dalam berbagai bidang,” urainya.

Selanjutnya, Darmawati membeberkan misi sekolah diantaranya, Melaksanakan kegiatan belajar mengajar berkualitas dan efisien, Menumbuhkab semangat secara intensif kepada seluruh warga sekolah, Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi diri sehingga dapat dikembangkan secara maksimal, serta Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agam dan budaya.

“Sering kali kemajuan suatu bangsa diukur sejauhmana masyarakatnya mengenyam pendidikan. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki suatu masyarakat, maka semakin majulah bangsa tersebut. Dan itu yang terus kami upayakan,” tandasnya. (adv/Hendri)

 

 

LEAVE A REPLY