DANREM 044/GAPO GELAR PELATIHAN KESIAPSIAGAAN OPERASIONAL KODAM II/SWJ

0
172

Palembang, OS

Memasuki musim kemarau tahun 2021 dan dalam rangka persiapan penanggulangan Karhutlah Korem 044/Gapo gelar pelatihan kesiapsiagaan operasional Kodam II/Sriwijaya Senin (12/4/2021).

Pembukaan pelatihan dibuka dan dihadiri oleh Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos secara Virtual bertempat di ruang A.H Nasution Gedung B Makodam II/Swj Jl. Jenderal Sudirman Km 2,5 Palembang.Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi pada pembukaan latihan tersebut menyampaikan, kepada setiap personel yang terlibat dalam  pelaksanaan latihan harus siap digerakan setiap saat dalam penanggulangan Karhutlah yang berada di wilayah Prov Sumsel. Maka pada latihan kali ini dititik beratkan kepada materi bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana Karhutla terutama pada pengerahan unsur TNI seperti yang tertuang pada rencana operasi,”tuturnya.

Latihan kegiatan pada hari ini bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan operasional dari Kodam II/Swj dalam mengaplikasikan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Latihan ini akan dilaksanakan selama 5 hari kedepan terhitung mulai tanggal 12 s.d 16 April 2021. Kita selaku TNI sifatnya membantu Pemerintah daerah harus lebih mengedepankan langkah antisipasi agar tidak terjadi kebakaran. Beberapa langkah yang harus dilakukan yakni menyiapkan embung, sumur bor, dan sekat kanal agar lahan yang rawan bisa tetap basah ketika musim kemarau tiba,”imbuhnya.

 Lebih lanjut Pangdam mengatakan,  Di puncak musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Agustus 2021 diperkirakan hari tanpa hujan bisa mencapai 60 hari. Ketika itu terjadi, maka potensi kebakaran lahan semakin besar. Cuaca cenderung panas, kering, dan tanpa hujan akan memperluas potensi Karhutla. “Saya harapkan selama latihan kegiatan ini dilksanakan dengan penuh rasa tanggu jawab,”ujarnya.

Acara dihadiri para pejabat utama TNI Gapo yakni, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P, Kapok Sahli Pangdam II/Swj  Brigjen TNI Puji Cahyono, S.I.P, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P., S.Sos, Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan dan lainnya.(Theo)

 

LEAVE A REPLY