Dinas Dalduk dan KB Lahat Gelar Sosialisasi

0
104

Lahat, OS

Pembangunan kependudukan dengan menata keteraturan laju pertumbuhan secara komprehensif dinilai sangat penting. Komitmen Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB gelar Sosialisasi Penyusunan Grand Design Kependudukan di Ballrom Hotel Bukit Serelo, Jumat (29/11/2019).

“Sosialisasi ini kita harapkan  penduduk akan tumbuh seimbang, manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, mandiri, beriman, berakhlak mulia, memiliki etos kerja yang tinggi, keluarga Indonesia yang berketahanan, sejahtera, sehat, maju, mandiri,”ujar Plt Kepala Dinas Dalduk dan KB Agus Santoso.

Dalam laporanya menyampaikan bahwa sosialisasi diikuti sebanyak 50  peserta, dengan  tujuan dari dilaksanakan kegiatan PGDK ini diantaranya meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan masyarakat.

“Pentingnya pembangunan kependudukan untuk mewujudkan Kabupaten Lahat yang berakhlak, mandiri, berkeadilan, makmur dan sejahtera,” terangnya.

Kepala Bidang Dinas Dalduk dan KB, Gesti Iswarita. SPd menambahkan, tujuan dari PGDK ini adalah tercapainya kualitas penduduk yang tinggi sehingga menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan.

“Persebaran penduduk yang serasi dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan serta administrasi kependudukan yang tertib,akurat dan dapat di percaya,” jelasnya.

Gelaran yang juga diikuti Kasubid Fasilitas Pemanduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat Taruna Rosevelt, Kasubid Parameter Kependudukan Provinsi Sumatera Selatan Rustam, Peneliti Madya Dani Saputra, serta instansi lainnya.

Bupati Lahat Cik Ujang, melalui Sekda Lahat Januarsyah Hambali dalam arahanya mengutarakan bahwa GDPK Kabupaten Lahat dipandang sangat perlu disusun, karena untuk mengatasi laju pertumbuhan dan perkembangan penduduk di Kabupaten Lahat.

“Pemerintah perlu menyusun GDK khususnya terdiri dari lima aspek yaitu Grand Design Jumlah Penduduk, Grand Design Kualistas Penduduk, Grand Design Pengarahan Keluarga yang berkualitas, Grand Design pembangunan database kependudukan,” jelasnya.

PGDK dibuat bertujuan memberikan arah kebijakan bagi pelaksanaan pengendalian jumlah penduduk 2020 – 2025, menjadi pedoman bagi penyusunan Road Map pengendalian jumlah penduduk mulai Tahun 2020 sampai dengan Tahun 2025.

Disambungnya, setiap 5 tahun menjadi pedoman bagi pemerintah dalam perencanaan pembangunan yang berwawasan kependudukan dan keluarga yang berkualitas.

“Untuk para peserta kami sampaikan untuk menyusun Grand Design Kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga arah dan pencapaian pembangunan di Lahat sesuai renstra dapat tercapai,”tutupnya. (Nur)

LEAVE A REPLY