Dinas PMD Lahat Harapkan Pilkades Berjalan Kondusif

0
90

Lahat, OS

Sejumlah persiapan dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lahat jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, tanggal 31 Oktober 2019 mendatang.

Kadis PMD Beni Zainuddin melalui Kepala Bidang Tata Wilayah dan Administrasi Pemerintahan Desa Imam Santosa, mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak tersebar  di 79 desa saat ini tengah memasuki tahapan kelengkapan administrasi cakades.

“Dari monitoring di lapangan, tercatat 79 cakades telah melengkapi persyaratan administrasi yakni penyimpanan data mengenai jumlah mata pilih dan  bakal calon kades,” terangnya Rabu (9/10/19).

Menurut Imam, selain faktor tahapan pilkades tersebut, kesuksesan perhelatan demokrasi tidak terlepas dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Ia mengatakan, persiapan pelaksanaan tahapan pilkades serentak masih dalam situasi kondusif,

“Pilkades serentak, memilih terbaik yang dipercaya akan mengemban amanah memajukan desa, artinya, perhelatan ini sendiri diselenggarakan untuk. masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

Menurutnya, proses pilkades harus berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang ada, agar pelaksanaan pilkades serentak ini berhasil sesuai dengan harapan,

“Masyarakat juga diharapkan agar menjaga kondisi tetap kondusif dengan mendukung program-program pemerintah. Karena, ketika proses pilkades berlangsung sebaliknya, desa itu sendiri yang dirugikan,” bebernya.

Dikatakannya, salah satu budaya timur yakni musyawarah untuk mufakat. Ia menyebut, dengan pilkades berlangsung aman dan tertib merupakan kewajiban, tidak saja pemerintah, namun bersama masyarakat ciptakan kondisi yang aman,

“Bagi desa yang akan melaksanakan pilkades ini agar tetap  menjaga keamanan dan  mengikuti aturan yang ada, jangan menimbulkan  konflik sehingga bisa memecah belah diantara masyarakat desa.” tutupnya (Nur)

LEAVE A REPLY