Pemkab OKUT Timur Hibahkan Rp. 47 Miliar Untuk Penyelenggara Pemilu

0
152
Martapura, OS
Kendati sempat melewati berbagai proses cukup panjang, Pemkab OKU Timur akhirnya menyetujui anggaran yang akan diperuntukan bagi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur pada 2020 sebesar Rp 47 miliar.
Berkas Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah ditandatangani Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi pada Selasa (01/10/2019).
Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya,  menjelaskan,  meskipun anggaran dana yang disetujui Pemkab OKU Timur tidak sesuai dengan pengajuan awal sebesar Rp67 miliar. Namun pihaknya optimis pelaksanaan Pilkada di Bumi Sebiduk Sehaluan tetap berjalan lancar.
Ia mengaku pihaknya harus kembali menyesuaikan rancangan awal dengan jumlah anggaran yang telah disetujui saat ini.
“Secara garis besar jumlah anggaran untuk Pilkada 2020  mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan Pilkada sebelumnya. Namun hal ini juga sesuai dengan kebutuhan sekarang,” ungkapnya.
Sementara, Komisioner KPU OKU Timur Bidang Sosialisasi, Parmas dan SDM Yuliasyah, menambahkan, sesuai dengan aturan tahapan dan aturan Permendagri, pencairan dana anggaran baru bisa dicairkan 15 hari setelah penandatangan NPHD. Untuk itu dia meminta kepada Pemkab OKU Timur agar dapat merealisasikan anggaran sesuai dengan jadwal tahapan, sehingga pihaknya bisa langsung bisa melakukan tahapan sosialisasi Pilkada.
“Yang jelas jika anggaran dana sudah bisa dicairikan, kita juga segera akan melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat,” imbuhnya.
Sedangkan Bupati OKU Timur Kholid Mawardi menjelaskan, sudah disetujui dana hibah untuk Pilkada sudah disetujui seluruhnya Rp. 47 miliar.
Menurutnya, suksesnya Pilkada itu diukur dari tingginya tingkat partisipasi masyarakat. Karena itu untuk meningkatkan partisipasi harus terus dilakukan dan yang tidak kalah pentingnya hubungan antar lembaga harus terjalin dengan baik.
“OKU Timur selama melaksanakan Pilkda belum pernah tersentuh oleh money politik, jangan sampai ada ,” tandasnya

LEAVE A REPLY