TNI dan Polri Bersinergi Tanggulangi Karhutla Dilangit Bumi Sriwijaya

0
191

Kapolda Sumsel dampingi Pangdam II/SWJ Pimpin Apel LKO Karhutla

Palembang, oborsumatera.com

Sebanyak 565 personel gabungan terdiri dari prajurit TNI, POLRI, BPBD, Basarnas dan sejumlah instansi pemerintah Provinsi Sumatra Selatan mengikuti apel Tim Gabungan Kesiapsiagaan Bencana dalam rangka Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kodam II/Swj TA 2021, Rabu (14/4/2021) bertempat di Apron Bravo Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang.

Bertindak selaku pengambil apel Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi didampingi Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr .Eko Indra Heri,S MM dengan Komandan Apel Dandim 0430/Banyuasin, Letkol Arm Farid Hidayat.Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi langsung meninjau kesiapan seluruh peserta latihan maupun kelengkapan dan Alutsista yang dilibatkan pada Apel Gelar Kesiapan LKO Karhutla ini.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dihadapan peserta apel menyampaikan bahwa bertujuan Apel Gelar Kesiapan LKO Karhutla ini untuk meyakinkan kesiapan akhir Personel dan Alutsista serta alat kelengkapan dan sarana prasarana pendukungnya dalam rangka menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan. “Dengan kesiapan yang optimal, diharapkan dapat mengantisipasi dan mengatasi setiap kendala yang mungkin dihadapi di lapangan,” kata Pangdam.

Pangdam juga berharap dengan dilaksanakannya apel gelar ini, semua akan lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, sehingga dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran.”Oleh sebab itu, saya berharap agar kalian dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya, penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” ungkapnya.

“Kerahkan seluruh daya, upaya dan kemampuan yang kalian miliki, agar harapan pimpinan dan masyarakat Sumatera Selatan terbebas dari kabut asap dapat terwujud. Adakan koordinasi yang sebaik-baiknya dengan seluruh instansi terkait yang ada di lapangan, baik Polri, Pemda, BPBD, Manggala Agni maupun dengan masyarakat, guna kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas,” tegas Pangdam II/Swj.

Pangdam II/Swj juga menekankan kepada seluruh peserta latihan, agar mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan selama latihan berlangsung. Selain itu juga dilibatkan sejumlah Alutsista yang digunakan untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla milik TNI-Polri, Pemda dan Instansi terkait.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumsel juga menyampaikan “inilah upaya serta bentuk sinergitas kita TNI dan Polri dalam  menanggulangi Karhutla, guna mewujudkan sinergitas ini mari kita jadikan Langit Sumsel biru secara bersama-sama”, ujar Kapolda Jendral Eko.

Usai apel Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel beserta rombongan kembali meninjau alat dan perlengkapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional secara langsung dan menyaksikan langsung Demo Simulasi pemadaman api oleh peserta latihan gabungan TNI-Polri, Basarnas dan BPBD Sumsel.(Theo)

 

 

 

LEAVE A REPLY